Pengumuman Pemenang Baparekraf Digital Talent Challenge 2023
10 Okt 2023

Pengumuman Pemenang Baparekraf Digital Talent Challenge 2023


Pandemi COVID-19 telah menyebabkan disrupsi di berbagai bidang. Lebih jauh, pandemi menyebabkan 13 juta pekerja di sektor pariwisata terdampak langsung, dan ditambah 34 juta pekerja lainnya yang tidak terdampak langsung oleh pandemi.

Pasca terpuruk akibat pandemi COVID-19, ekonomi kreatif di Indonesia terus berjuang menjadi garda terdepan mengambil bagian dalam momentum Kebangkitan Nasional. Upaya ini dilakukan dengan mengadakan sejumlah program unggulan guna mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif.

Setelah 3 tahun berlalu, pandemi telah mengubah pola hidup masyarakat di Indonesia. Termasuk sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kreatif harus beradaptasi dan menyiapkan solusi yang selaras dengan Adaptasi Kebiasaan Baru. Salah satunya dengan mempersiapkan langkah-langkah selama pandemi dan pasca-pandemi dengan menggunakan teknologi digital.

Untuk itu, di tahun 2023 ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersama Dicoding akan mengadakan Baparekraf Digital Talent (BDT) Challenge 2023. 

Berikut adalah 5 karya anak bangsa terbaik yang terpilih sebagai pemenang pada Baparekraf Digital Talent Challenge 2023:

  1. Aplikasi Jeep Bromo Online dari R Abi Mayu Bie Rahman
  2. Aplikasi Content Reminder dari Bevan Christian
  3. Aplikasi Voce dari Charlie Perdana Surya Siagian
  4. Aplikasi Pikul dari Muhammad Wafa Al Ausath
  5. Website Arkon dari Toufiq Nuur Rahman

Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berikut:

  1. Hadiah masing-masing sebesar 5.000 Dicoding Points. Points yang didapat dapat digunakan untuk belajar di Dicoding Academy atau  ditukar dengan hadiah di Dicoding Rewards.
  2. Berkesempatan untuk mendapatkan promosi lebih lanjut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Daftar pemenang di atas bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Hadiah pemenang akan didistribusikan via email. 

Terima kasih kepada seluruh Developer yang sudah berpartisipasi di challenge ini!

Bagi yang belum beruntung memenangkan challenge ini, tetap semangat! Nantikan selalu challenge terbaru di dicoding.com/challenges.

Salam,
Baparekraf Digital Talent 2023 Team