Menggeluti Karier Machine Learning Developer
06 Sep 2022

Menggeluti Karier Machine Learning Developer


Machine learning merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan. Dengan semakin berkembangnya teknologi seperti saat ini, talenta digital akan artificial intelligence akan semakin banyak peminatnya, lho! 

Kecanggihan dunia IT yang satu ini bahkan angka pertumbuhan 2 tahun belakangan ini mencapai 70%. Angka yang fantastis, bukan.

Lalu, siapakah sebenarnya seorang Machine Learning Developer itu?

Definisi

Machine Learning adalah subbidang AI yang berfokus pada analisis data untuk menemukan hubungan antara input dan output yang diinginkan. 

Seorang Machine Learning Developer adalah pakar dalam menggunakan data untuk model pelatihan. Model-model tersebut kemudian digunakan untuk mengotomatisasi proses seperti klasifikasi gambar, pengenalan suara, dan perkiraan pasar.

Lalu, bagaimana inovasi AI bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? 

Saat kita belanja online, pernahkah kita berpikir, mengapa tampilan layar ecommerce dipenuhi oleh barang-barang yang mungkin sedang kita cari? Saat kita menonton tayangan Youtube, bagaimana Youtube dapat memberikan rekomendasi video yang mungkin kita suka? Contoh lainnya adalah rekomendasi musik di Spotify, dan rekomendasi film di Netflix. Semua yang disebutkan tadi adalah sistem rekomendasi, inovasi dari machine learning, salah satu cabang AI. 

Sangat menarik, bukan? Tapi akan lebih menarik lagi, jika kita tidak sekedar menjadi konsumen dari semua produk inovasi AI tersebut. Bayangkan kita adalah bagian yang turut andil dalam menciptakan berbagai inovasi AI dan machine learning. Tentu membanggakan, jika kita bisa mempermudah dan membantu kehidupan banyak orang melalui inovasi teknologi. Dengan cara apa? Menjadi machine learning developer adalah salah satunya.

Karier Seorang Machine Learning Developer

Menurut riset Linkedin, artificial Intelligence merupakan salah satu skill dengan pertumbuhan yang paling pesat. Dalam laporannya yang berjudul 2020 Emerging Job Report, Linkedin menyatakan bahwa tren perekrutan untuk peran ini tumbuh sebesar 74% selama 4 tahun terakhir. Tidak heran, AI specialist dengan skills utama Machine Learning, Deep Learning, Tensorflow, Python, dan Natural Language Processing dinobatkan sebagai peringkat pertama the most emerging job in the US tahun 2020. Dalam rilis yang sama untuk negara Indonesia, AI specialist juga menempati peringkat pertama.

Pemerintah Indonesia telah mendeklarasikan AI sebagai salah satu teknologi strategis seiring dengan berjalannya revolusi industri 4.0. Berbagai kebijakan dibuat untuk mengakselerasi perkembangan AI dan mendorong inovasi. Artificial Intelligence dan machine learning memang sangat identik dengan inovasi. 

Berikut ini posisi yang ditawarkan untuk seorang Machine Learning Developer di tahun 2022:

  • Machine Learning Engineer
  • Data Scientist
  • Machine Learning Cloud Architect
  • Data Engineer

Nah, pada program Baparekraf Digital Talent (BDT) ini, kamu berkesempatan untuk menjadi seorang Machine Learning Developer.  Menarik bukan?

Bagaimana?

Sudah siap memulai langkahmu melalui paket fasilitasi Machine Learning Dasar bersama Baparekraf Digital Talent 2022 – Tahap 2?

Segera daftar sekarang juga melalui link ini (klik untuk buka) sebelum ditutup pada 30 September 2022.

Baparekraf Digital Talent 2022 Team